Belajar Cari Pacar dari Brangelina

Mr. & Mrs. SmithSiapapun yang sudah nonton Mr. & Mrs. Smith pasti langsung sepakat kenapa Brad Pitt kemudian menceraikan Jennifer Anniston. Di film berdurasi 120 menit itu, Angeline Jolie cantiknya memang keterlaluan. She has such a magnetic beauty that makes her look hot as hell!

Saya sih bukan fans fanatik si seksi Pitt (bukan Pitt Bull!). Tapi, analisis sok tahu kita itu sebetulnya bisa saja terbalik. ‘Magnetnya’ ada di Pitt.

And, surprisingly, the magnetic-Pitt point of view has more supporting psychological data: married men are more attractive than their single counterparts. Fenomena ini bahkan sudah punya nama: mate poaching. Congratulations!

Sebuah riset yang dilakukan oleh psikolog bernama Anthony Little menunjukkan, burung dan ikan perempuan ternyata lebih tertarik dengan lawan jenis yang dekat secara fisik dengan perempuan-perempuan lain. They find a male more attractive if they have already seen him in the company of another female. And this also rings true in human! Err.

Lewat penelitiannya, Philosophical Transactions of the Royal Society B melaporkan bahwa laki-laki yang dikelilingi oleh banyak perempuan dianggap lebih menarik ketimbang laki-laki yang sendirian atau berkumpul dengan sesama jenis. Girls, what the heck is wrong with you?

Some of you might have a random guess that the answer is closely related with money. Karena laki-laki yang sudah menikah dipandang lebih mapan secara finansial ketimbang mereka yang lajang.

Ternyata nggak begitu juga.

Married man is sexier than a bachelor karena, secara psikologi, perempuan cenderung melihat (atau mendengarkan) isyarat dari orang lain dalam menentukan menarik/tidaknya seorang laki-laki. Inilah yang disebut sebagai mate copying. Positive appraisal dari teman cewek kita, in some way, akan membangkitkan minat kita juga atas cowok tersebut. Karena itulah, kata para peneliti, ‘mulut-mulut kompor’ adalah salah satu alat paling efektif untuk mengantar perempuan ke pintu gerbang jadian atau pernikahan. Sah! ;D

Dengan demikian, menjadi masuk akal kan kenapa cewek lajang menganggap cowok yang sudah menikah lebih menarik ketimbang mereka yang belum? Menjadi suami berarti sudah mendapat ‘stamp of approval’ dari perempuan lain, yang adalah istrinya. Jadi sudah jaminan berkualitas!

Selain penjelasan di atas, ada sejumlah alasan dari peneilitian lain yang juga menjawab kenapa married man is hotter than single guy. Pertama, self-esteem and sense of power: karena meningkatkan harga diri dan rasa berkuasa. Mereka percaya, sukses merebut hati suami orang lain adalah indikasi bahwa mereka menarik dan punya kuasa atas perempuan lain. Kedua, perempuan-perempuan single yang career-oriented menganggap bahwa berhubungan dengan laki-laki yang sudah menikah tidak akan menimbulkan tuntutan sebesar berpacaran atau menikah. Ketiga,laki-laki yang sudah menikah simply dianggap lebih dewasa, berpengalaman dalam menjalin hubungan, serta mapan. Terakhir, karena perempuan-perempuan tersebut takut pada komitmen yang muncul pada intimate, long-term relationship.

Let me assume that all of those study about married men also work well for ‘cowok yang sudah punya pacar’. Jadi, saya rasa hasil dari kajian-kajian itu pun sebetulnya sangat berguna dan bisa dipraktekkan di ranah perjombloan. Kalau pengen memangkas status jomblo dengan cepat, gandeng ‘mulut-mulut kompor’ berbakat mak comblang. Atau, cari pacar pancingan buat manas-manasin cewek-cewek lainnya. Meski magnet ga sekuat Brad Pitt, lumayanlah dapet cap berkualitas meski cuma sementara!😉

 

Terima kasih buat sumber-sumber yang jadi rujukan tulisan di atas:

http://www.dailymail.co.uk/femail/article-1343576/Why-single-women-married-men-We-cue-deciding-whos-attractive.html#ixzz2N3EOanS5

http://womansday.ninemsn.com/lifestyle/relationships/8191657/are-married-men-more-attractive-to-single-females

http://www.dailymail.co.uk/femail/article-1346590/Married-men-sexier-A-serial-seductress-confesses-all.html#ixzz2N3FqA15t

http://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/asia/1377411/Why-women-prefer-married-men.html